Tuesday, February 7, 2012

This is what I've been waiting



This is what I've been waiting

Sekitar beberapa bulan lalu, masih berasa 2011 gitu ya, untuk pertama kalinya si Monki ngajak kencan di tempat yang semestinya buat kencan (baca: BUKAN dealer -___-") dan tempat itu adalah...

Soerabaiasche Planten en Dierentuin

Atau kita sebut saja.. Kebun Binatang Surabaya :D
bermula ketika gue iseng pengen liat gajah. dan si Monki setengah keberatan setengah setuju (karena alter ego dia yang anak kecil juga mau ikut) men sahkan keinginan gue.

wait a minute MONKIII ITU SIAPA????

Masih ingat Pangeran Kodok?
Nggak inget?
Yah, dan gue males jelasin sih.. mending gue kredit dulu ya cerita tentang Pangeran Kodok aka Monki ini. Skip dulu aja deh.Tapi kalo masih penasaran aja lihat postingan sebelumnya.
Yang jelas I'm with HIM! Huahahahahahaha!!!!!!(PLAK. Sorry, that was so ugly yeah?)

Dan jalanlah kita ke Surabaya, menuju kota matahari (nggak asal nih gue, tiap November matahari selalu tepat di atas kota panas ini! Suhunya bisa paling tinggi daripada kota lain. Should I say, Florida of Indonesia?)

Lalu setelah santai sebentar kita langsung cabut ke KBS. Dan jujur saja gue geli banget ketika dia bengong karena  jaraknya DEKAT nggak jauh-jauh amat dari tempat kost gue. Lima belas menit sampai deh (dia bilang dengan nada mengutuk "Deket gini ngidamnya kek gak bakal keturutan..Tau gini beli makan dulu.) Grundel-grundel deh dia gara-gara kelaparan. Dasar anak-anak :p


Naaah, pas sampai, tempatnya lumayan sepi coz bukan hari libur. Lumayanlah buat jalan-jalan pasangan baru, kemudian perjalan kita di kronologi jadi gini :

1. Ke kandang pelikan+bangau dan semacam burung laut lainnya. First time, dia agak gak pleasure sama nih tempat. Baunya amis dan dia mau muntah. Katanya baunya mirip pasar ikan (secara dikasih makan ikan bukan parfum). Mungkin karena si Monki kan zodiaknya pisces, dia jadi gak suka sama area ini soalnya harusnya dia jadi santapan para burung itu ya? Nyahahaha *tawa setan*


2. Ke kandang avian alias burung dan bangsa unggas. Baru kali ini gue tau dia punya ketertarikan khusus sama spesies ini. Dirumah dia ngaku punya ayam Arab dan satu ayam obesitas (alm) yang kena serangan jantung gara-gara dikejar adiknya Monki yang paling bontot, si Arh*m. Dia juga pelihara beberapa kalkun (jujur, gue penasaran sama rasa dagingnya :9). Dengan semangat membara dia komentar soal merak yang entah kenapa suka sekali menampang di depan kamera gak ada takut-takutnya *narsis alay nih merak*. Lalu kita penasaran sama satu spesies mirip dara dengan rumbai aneh di lehernya, dan seekor ayam yang katanya sangat mirip sama punya adiknya *perasaan semua ayam sama aja bentuknya -____-“*

3.Istirahat. buka bekal yang gue bawa dari rumah dan sudah gak berbentuk makanan (tapi tetep dimakan). Hmm… lainkali emang bawa snack aja kali ya… kemampuan memasak gue mengerikan. Tapi so sweet gitu ya tetep dimakan makanan ancur itu sama dia. Ah, berasa shoujo manga ^^


4. Jalan lagi ngeliat kandang burung elang dan spesies burung karnivora. Disini gue bisa liat Monki pasti ada bakat dibenci hewan. Masa burung enak2 an berjemur digangguin, dipegang2 gak jelas. Jutek ya kalo gue jadi burungnya. Gue patuk aja deh itu bulu hidungnya kalo jadi burung elangnya /swt\


5. Ke kandang Kucing besar aka Macan. Sayup-sayup terdengar suara auman harimau. Merasa terpanggil, dia narik gue ke (luar)kandang. Hiperaktif banget gitu liatin harimau sambil ikut2an mengaum gak jelas.Asli, gue berasa mengajak anak usia 5 taon nih -____-a” atau jangan2 dia ini siluman macan kumbang ya? *Misteri Gunung Merapi 1 mode*

 
6. Jalan-jalan gak jelas, komentar2 gak jelas “ini kandang kus2, tapi kok isinya perkutut?”,  “ini mana hewannya,kok tumbuhan semua?” “Eehh, ada monyet bisa nyapu!” (bukan nding, ternyata mas2 petugas . Maaf Mas ^^) lalu balik ke kandang harimau gara2 si harimau mengaum lagi gak jelas. Sumpah. Ini anak liar banget.


7. Kandang hewan air. Terlihat di bagian sini si Monki amat sangat excited sama alligator, buaya, dan reptile air buas lainnya. Sempet ngeri gitu ya pas melintas di jembatan, dibawah jembatan ada kolam luas, dan tiba-tiba sepasang mata muncul dipermukaan. I know it was an alligator, dan sengaja di taruh sana. Kecil sih, tapi sumpah membayangkan ada yg kecebur disitu pasti bahaya. I won’t imagine that. Gue sih nggak suka buaya. Apalagi buaya air asin yang ganasnya amit-amit. Gue nggak peduli kalo si pecinta hewan asal Australia yang tewas karena sengatan ikan pari itu bilang Buaya adalah mahkluk yang cantik. Bagi gue, sampai kapanpun buaya nggak ada cantik-cantiknya. Yah, kalo’ si Monki suka hewan ini sih ga masalah, asal dia juga bukan salah satu spesies mereka yang anomali merugikan kaum cewek: Buaya Darat :p

8. Liat akuarium . Dengan gebleknya si Monki bilang "ah, bagusan Sea World" Bletak! masa dibandingin sama Se World sih. tapi emang gak kerawat sih T-T. Yah… tempatnya suram. Kurang bersih dan rapi. Koleksinya sih lumayan tapi tempatnya nggak menarik.


9. Liat ikan2 raksasa such as Aipama dan Arwana. Si Monki mulai menceritakan masa kecilnya ketika liat ikan kek gini. Dia juga sangat suka ikan Aipama *entah kenapa teringat Rama Aipama: Doa pujiiii Juwitaaaaa…lagu jadul masih ingat juga gue -____-“*. Lalu karena bosan, akhirnya kita ke pintu belakang, dan nemu kandang kucing hutan yang nyempil *beneran nyempil gak keliatan*.  Disini sifat usil dia kambuh lagi. Dia ngegodain si kucing (hei, gue nggak pernah digodain loh. jahat). Tapi entah karena ada yang salah sama kesehatan mata si Kucing Hutan atau emang si kucing agak bego, kok nyakar si Monki gak fokus gitu ya... nyakar kemana, liatnya kemana. Jadi si Kucing yang gak bisa jinak dan gak ada manis2nya ini cakarnya ke arah si Monki, tapi tatapannya malah ke arah lain yang sangat melenceng. ("Kucingnya Bodoh!" seru Monki dengan nada jahanam senang). Sebelum si Kucing Hutan ketambahan gangguan mental dan batin, gue amankan Monki ke tempat lain.


10. Kekandang reptile darat. dan ULAAAR!!ULAAAR!!! ITU ULAAAAR!!!! (PLAK.okay sorry again.) Entah sejak kejadian memegang ular dan ularnya jadi jinak sampai2 aku kasih nama (ini crita ngebon juga ya) jadi tertarik sama hewan ini.. Apa gara2 gue shio ular gitu ya? Atau jangan2 gue ada kekuatan siluman Ular Nagin? (Film India series jadul :D).  Terus pas sudah puas liat ular dan iguana kita ke kandang ular Python.  Dibawahnya banyak marmut imut. Sempet gue kira itu kandang hamster marmut gitu ya, kok bisa ada kandang hewan imut manja di tempat hewan garang nan mematikan. Gue ngira pertama kali itu salah letak, tapi ternyata itu hamster emang dipelihara satu kandang sama si Python sekalian buat cemilan si Python. Gue mikir:  inilah yang namanya hukum alam.Dimakan dan memakan.. Entah merasa kasian ngeliat mata para hamster yang innocent pengen dielus dan nggak peduli kalo malaikat maut mereka diatas gelantungan... apalagi yang coklat kecil itu tampak gembira ketemu gue dan berasa ingin dipegang2 sama gue :'( sorry I can't save you my dear. Hope you’ll in heaven after that T__T


11. Ke area para monyet and other apes. Dasar sodara, jadi dia ngeliatin monyet gitu kayak ada ikatan batin dan dengan geblek dia minta gue meragain dua monyet saling nyari kutu. Gue menyesal diakhir dan merasa hina kenapa gue mau2nya aja menuruti =.=. Disitu itu kita juga diskusi nggak penting perkara monyet pantat merah. Dan kesimpulan gue, punya pantat merah itu nggak seksi.


12. Kandang jerapah. lewat aja sambil liatin lehernya. Gak tertarik sih kitanya hahahaha. Terus jalan ke kandang kijang+rusa. dan keusilan dia terhadap hewan muncul lagi. Masa ada kijang asik2 makan dengan tenang tiba2 ditarik tanduknya -____-" Untung aja si Kijang gak berserk dan jadi patronus trus nanduk dia gitu. Si Kijang cuma melengos jutek. Kayaknya udah biasa ya menghadapi bandit macam anak hiperaktif gini. Sumpah, gue pengen narik si Monki menjauh dari hewan. Bukan takut akan keselamatannya tapi ya ampun, bahaya buat kelestarian hewan di KBS yang semakin mengkhawatirkan.


13. Kekandang gajah. Nah karena tujuan gue liat gajah  maka kita berhenti sejenak melihat dua gajah kecil nari2 pakai belalai. Iseng kita nyanyi lagu Move Like Jagger nya si Maroon 5 buat mengiringi tarian si Gajah dua itu :D Gue suka banget sama Gajah Asia dan entah kenapa tidak begitu suka gajah Afrika. Gajah Asia lebih imut dimata gue. Apalagi pas temen gue si Jaus cerita pas dia ke Kebun Binatang di Jogja, ada gajah yang duduk sendiri melankolis, dihampiri dua gajah lainnya lalu seperti ada percakapan ketiganya bermain belalai kayak menghibur si gajah melankolis. Sayang di KBS nggak ada adegan kayak gitu. Kayaknya Gajah disini tenang-tenang aja tuh. Lalu pas liatin kandang gajah besar, ada gajah ngamuk soalnya kandangnya gak dibersihin. Jadinya dia ngelempar sendiri t*ik nya ke tembok bangunan petugas kandang. Protes ala gajah kali ya.ckckck pinter nih hewan :D sempet curiga ada pengunjung yang kena. Untung bukan kita huahahahaha...(tapi kalo kena juga lumayan looh.lumayan baunya...)


14. Ke kandang singa yang deket danau. nggak ketemu singa putih yang dia idam2kan.."Aku pernah liat ada singa putih disini pas kecil, beneran!" tegas dia meyakinkan gue kayak dunia mau kiamat minggu depan aja. Oke gue percaya, tapi  itu jaman kapan sih Mon? Udah innalillahi kali. yang ada malah kandang harimau (lagi) lebih gede dari yang tadi.Mungkin Harimau India dan si Monki tambah girap2 gitu liatnya. takuut nih sama ini anak...


15. Pulang. muter2. Oh sempet liat kandang komodo. Kita membahas soal komodo yang lagi heboh dijadiin New Seven Wonders. Ah, menurut gue sih nggak masuk N7W gak masalah. Asal kita bisa menghargai milik negara kita sendiri nggak perlu pengakuan dunia juga tetep wonders kok. Percuma juga kan diakui dunia tapi sebagai pemilik kita nggak menghargai milik kita? Mubadzir SMS deh :/



Pesan Moral kencan jalan-jalan kali ini : ngajak Monki itu nggak ada ubahnya ngajak anak kecil. Kudu harus dan wajib dijaga dari kandang hewan-hewan biar gak digangguin sama Monki sehingga jadi stress mental (Udah gue bilang, emang ada bakat dibenci hewan nih si Monki kayaknya) udah gitu baru kali ini dia kayak anak autis hiperaktif. Awal pacaran mah perasaan dia normal. Amat sangat normal saking menjaga jarak sama gue ya *gue looh nggak menggigit kali*
But mostly I'm still adore him. entah kenapa dia jadi gentle gitu ya..nggak kayak biasanya. Gandeng tangan, ngejagain banget (eer... kok jadi romantis ya kamu Mon?) bawain tas,beliin ini itu, sholat bareng *tetep tempatnya pisah, masih belom muhrim* pokoknya berasa kencan beneran. Padahal dulu adem gitu anaknya. Hmm… sudahlah. Dinikmati aja ya mumpung masih anget.



Then, I have to planning some vacation again... Monki, have any ideas?



tempat paling dibenci :D



Bukan..dia bukan salah satu spesies lepas kok



Dasar Kucing bodoh.... (kasian hidupmu diganggu manusia bejat nak)



Enak2 an makan..tanduk nya dibuat mainan maniak hiperaktif..



I've got to move like Jagger uuuuu...like Jagger:D

PS
Sejarah KBS


Gara2 si Monki yang mempertanyakan status gue beneran mahasiswa pendidikan sejarah apa bukan, maka dari itu gue ceritain sejarah singkat KBS biar dia percaya kalo gue mahasiswa sejarah!

Gini, sekitar abad 20 gitu atau tahun 1916 tempat ini resmi didirikan. Awal mulanya cuma kebun kecil berisi koleksi tanaman dan hewan seorang jurnalis Belanda namanya Kommer.

Akhirnya dia membeli lahan yang lebih besar, dan kebun ini dijadikan tanaman botani dan satwa. Lokasi pertama sih bukan di dekat terminal Jayabaya kayak sekarang, tapi di Kaliondo. Akhirnya tahun 1920 menetap di tempat sekarang. Lahan yang sekarang itu pemberian OOST-JAVA STOOMTRAM MAATSCHAPPIJ atau PT.KAI jaman Hindia Belanda.

Sempet looh KBS dulu mengalami krisis kayak sekarang di tahun 1922 gara2 biaya tiket mahal dan biaya operasional tinggi dan mau ditutup. Tapi  untunglah ditolong perusahaan Kereta Api Hindia Belanda dan bertahan sampai sekarang dan sempat jadi kebun binatang terlengkap se Asia Tenggara.

Tapi yah, akibat konflik gak jelas dan satwa yang tidak terurus(tapi satwanya masih banyak kok. beneran... media itu terlalu blow up deh) jadi gak kerawat deh. semoga ada pihak yang lebih bertanggung jawab yang mau ngerawat kebun bersejarah ini..Aammiin.


1 comment: